Selasa, 09 April 2013

Planet mirip Bumi berjumlah 17 miliar




galaksi
Sketsa planet-planet dalam galaksi yang terekam teleskop Kepler.
Para astronom mengatakan mereka memiliki bukti bahwa sekitar 17 miliar planet yang berukuran seperti Bumi terdapat di dalam galaksi kita.
Teleskop milik badan ruang angkasa Amerika, NASA, Kepler digunakan untuk meneliti bintang-bintang yang berukuran sama dengan Matahari dan menemukan bahwa satu dari enam bintang memiliki planet berukuran seperti Bumi di orbitnya.
Tim Kepler juga mengumumkan adanya 461 planet baru.
Hasil penelitian itu diajukan dalam Masyarakat Astronomi Amerika di California.
Sejak diluncurkan ke orbit pada 2009, teleskop Kepler dipasang pada satu sudut di langit dan menangkap lebih dari 150.000 bintang.
Teleskop itu juga mendeteksi cahaya yang meredup dari satu bintang bila ada planet yang lewat di depan bintang itu atau transit.

Orbit selama 85 hari

Francois Fressin, pakar astrofisika dari Harvard-Smithsonian Centre, yang menemukan planet pertama berukuran Bumi, mengatakan ada juga planet-planet yang tidak tertangkap oleh Kepler.
"Kami harus memperbaiki dua hal. Pertama (daftar planet yang ditangkap Kepler) tidak lengkap," kata Fressin kepada BBC.
"Perbaikan kedua adalah ada yang sebenarnya bukan planet namun hanya sekedar konfigurasi astrofisika," tambahnya.
Hasil penelitian para astronom ini menunjukkan bahwa 17% bintang menjadi tempat orbit planet dengan ukuran 1,25 lebih besar dari Bumi, dan orbit berlangsung paling lama 85 hari, seperti halnya planet Merkuri.
Berdasarkan penelitian itu disimpulkan dalam galaksi terdapat paling tidak 17 miliar planet yang berukuran seperti Bumi.

0 komentar:

Poskan Komentar

sealkazzsoftware.blogspot.com resepkuekeringku.com